Tiruan Yamaha YZF-R125, Mesin 250 cc Performa Biasa

FY Moto FY250, mesin satu silindernya tak bisa berlari lebih cepat. Visordown

Beijing: Saat ini banyak pabrikan otomotif asal Cina membuat desain produk-produk buatannya lebih menarik. Mereka kerap membajak desain ternama, atau membeli saham merek papan atas dan mengambil desain serta teknologinya.

Tapi masih banyak pula pabrikan yang hanya menjiplak tampilan motor merek lain, seperti YF Moto ini. Mereka mengenalkan produk sport 250 cc barunya, yakni FY250 yang meniru produk dari Yamaha.

FY250 punya desain yang sangat persis dengan YZF-R125, yang beredar di Eropa sana. Mulai dari fender belakang, footpeg, desain buritan, serta desain bodi yang mirip-mirip, sporty dan tajam.

Kemudian FY250 dibekali suspensi depan upside down depan, dan monosok. Desain pelek tak menjiplak dari Yamaha, tapi kalau diperhatikan justru mirip punya Honda CB150R Streetfire atau Suzuki Satria F150 versi karburator.

Soal tenaga penggerak, FY250 usung dapurpacu 250cc silinder tunggal, yang diklaim punya tenaga mencapai 26 daya kuda. Tapi anehnya, kecepatan puncak yang bisa diraihnya, disebut hanya sampai 127 km/jam.

Bandingkan dengan Yamaha YZF-R125, dengan tenaga yang cuma 15 daya kuda, tapi kecepatan maksimalnya bisa mencapai 131 km/jam. Wah justru kalah cepat dibanding versi yang dicontek ya.

(UDA)