Kawasaki Ninja ZX-10R 2019 akan Muncul Tiga Varian

Kawasaki bakal luncurkan ZX-10R dalam 3 pilihan. Kawasaki

Tokyo: Kawasaki dikabarkan akan melakukan update untuk motor superbike andalan mereka, yakni Ninja ZX-10R model 2019. Dituliskan Visordown, superbike itu kelak akan muncul dalam tiga varian.

Tiga varian itu adalah standar ZX-10R, kemudian ZX-10R SE dengan suspensi elektronik, dan ZX-10RR edisi terbatas, yang telah memenuhi homologasi untuk balap. Seluruh varian akan punya warna merah ‘testarossa’ (akai atama) pada kepala mesinnya.

Upgrade yang dilakukan pada bagian mesin terbilang cukup banyak, seperti desain cylinder head baru dengan pelatuk noken as. Teknologi ini bisa mengurangi bobot katup mesin hingga 20 persen.

Keuntungannya adalah putaran mesin yang dicapai bisa lebih tinggi dan desain ruang bakar jadi semakin ringkas. Output yang dihasilkan pun akan menjadi lebih baik, untuk varian standar saja tembus 203 ps (200,14 daya kuda).

Jika varian standar saja sudah dilengkapi dengan quickshifter up/down, maka varian SE akan mendapat paket suspensi electronic KECS, pelek fordged Marchesini. Sedangkan varian RR yang hanya 500 unit, dapat connecting rod titanium.

Connecting rod titanium ini lebih ringan 400 kilogram, putaran mesin lebih tinggi 600 rpm, dan tenaganya mencapai 204 ps (201,12 daya kuda), tanpa ram air assistance. Luar biasa bukan?

Kawasaki Ninja ZX-10R ini merupakan kompetitor dari Honda CBR1000RR Fireblade, Yamaha YZF-R1M, Suzuki GSX-R1000, Ducati Panigale V4 hingga Aprilia RSV4.

(UDA)