Naked Bike Listrik dari Tiongkok, Tiru Kawasaki Z1000

Desain motor listrik ini meniru Kawasaki Z1000. Motosaigon

Beijing: Kisah motor yang mencontek desain lagi-lagi terjadi di Tiongkok. Tapi kali ini motor yang meniru desain Kawasaki Z1000 mengusung tenaga listrik, sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan versi aslinya.

Seperti diketahui, saat ini pabrikan otomotif asal Tiongkok memang banyak mengembangkan kendaraan listrik, baik motor atau pun mobil. Mereka ada yang membuat desain sendiri, ada pula yang masih meniru.

Dan salah satunya adalah motor listrik yang tak diketahui mereknya ini. Dituliskan Motosaigon, motor ini siap beredar di negara asalnya, tapi tak ada sedikit pun emblem merek atau tipenya.

Seperti motor listrik pada umumnya, bagian tengah  motor berisi baterai yang dilengkapi dengan cover bodi penutup. Jika di versi Kawasaki, area ini adalah mesin 1.000 cc empat silinder segaris.

Kemudian di motor ini tak terdapat drive train baik rantai ataupun belt. Lantaran hub roda belakang jadi tempat motor listriknya berada, sehingga lebih efisien dan tenaga tak ada yang terbuang. Sayang tak ada detail spesifikasinya.

Makanya desain pelek depan dan belakang terlihat berbeda. Pun bagian tromol pelek belakang terlihat sangat besar. Hanya terdapat sebuah kabel dari baterai menuju hub roda yang menghiasi lengan ayun sisi kiri.

Fitur yang dimiliki terbilang lumayan, rem cakram depan-belakang, dan suspensi depan upside down. Nilai jual lainnya adalah desain sugomi khas Kawasaki Z Series jelas sangat menarik.

(UDA)