Tak Mau Kalah, BMW Riset R1200 GS Versi Otonom

BMW Motorrad uji coba teknologi otonom dengan R 1200 GS. BMW Motorrad

Jerman: BMW Motorrad baru-baru ini menunjukan sebuah video R 1200 GS yang bisa berjalan sendiri. Sepeda motor ini tampak melaju lurus dengan stabil dan tanpa pengendara. Cuma tidak perlu takut dengan sepeda motor tersebut. BMW Motorrad sedang menguji sistem otonom yang mereka kembangkan.

Mereka menyematkannya di R 1200 GS yang merupakan sepeda motor adventure paling laris milik BMW Motorrad. Jelas dengan uji coba ini, kini era teknologi sepeda motor sudah masuk ke tahapan yang berbeda.

Tampak di video, sepeda motor tersebut bisa melaju lurus dan berbelok dengan mulus. Ketika sepeda motor berhenti, standar samping akan terbuka sendirinya.

Dikutip dari Autoblog, teknologi ini didesain untuk mengetahui perilaku berkendara saat ini. BMW Motorrad juga belum berencana untuk memproduksi masal R 1200 GS otonom dalam waktu dekat.

“Jadi sepeda motor bisa menginformasikan, memperingatkan, atau ikut secara aktif (mengontrol sepeda motor),” ujar Safety Enginner BMW Motorrad, Stefan Hans.

BMW Motorrad tentu sudah menunjukan kemampuan mereka mengembangkan sepeda motor ke tahapan yang berbeda. Cuma jangan lupakan juga Honda yang mengembangkan teknologi serupa dengan nama Honda Riding Assist.

Sementara Yamaha lebih ke penciptaan teknologi sistem pengetesan yang dilakukan oleh robot.

(UDA)