Modifikasi Motor, Pilih Gaya atau Kenyamanan?

Motor modifikasi dengan single seat seperti ini, membuat pengendara bakal tak nyaman pada kondisi jalan basah atau berlumpur.

Jakarta: Tak puas dengan konsep motor standar, biasanya ditebus dengan jalan modifikasi. Ragam konsep modifikasi kendaraan terutama roda dua juga sudah cukup banyak. Bahkan tak heran banyak yang keluar dari konsep utama kendaraan.

Misalnya yang sedang digandrungi para bikers adalah model street tracker dengan sekarang jok motornya dibuat khusus untuk single seat. Konsep ini memang cukup menarik perhatian. Namun di sisi lain seperti kenyamanan saat berkendara dalam berbagai kondisi jadi terabaikan.

“Kalau pakai konsep motor modifikasi seperti ini, memang harus siap dengan konsekuensinya. Apalagi kalau dalam kondisi cuaca yang kadang-kadang hujan di beberapa tempat. Dengan jok yang lebih pendek, kotoran atau air hujan sangat mudah terpercik ke badan bikers,” ujar Rusmin ketua Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).

Rusmin melanjutkan bahwa solusinya adalah kalau riding mereka selalu menggunakan jas hujan, atau jaket yang sudah dilapisi plastik di bagian belakangnya. Memang ini adalah kausalitas yang mengikuti konsep motor modifikasi seperti ini.

Lulut Wahyudi sebagai salah seorang builder Indonesia yang sudah mendunia, menegaskan bahwa memang ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memodifikasi kendaraan. Namun memang terkadang harus memilih, karena sisi kenyamanan untuk digunakan biasanya memang tidak berbanding dengan konsep yang ingin diaplikasikan saat membangun kendaraan.

Tapi yang paling penting adalah tetap menjaga sisi safety dari kendaraan tersebut, terutama setelah mengalami proses modifikasi.

(UDA)