Kustomfest 2018, Bukti Hidupnya Industri Kreatif Otomotif

Salah satu budaya kustom di Kustomfest yaitu diorama sebuah bengkel kustom mini. Kustomfest

Yogyakarta: Industri kreatif yang selalu ditekankan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, rupanya berkembang sangat pesat di Indonesia. Termasuk dalam industri otomotif kreatif seperti industri kendaraan kustom atau custom bike/car dan kustom kulture.

Berbicara tentang industri kustom, Indonesia Kustom Kulture Festival (Kustomfest) 2018 pun memberikan inspirasi tentang bagaimana industri kreatif dalam otomotif bisa terus berkembang. Event ini bahkan sudah tercetus sejak tujuh tahun lalu dan setiap tahunnya selalu memberikan nafas segar bagi para penggemar kustom kulture di Indonesia.

Dari keterangan resminya, Badan Ekonomi Kreatif yang diwakili oleh Dr Ing Abdur Rohim Boy Berawi, M.Sc, menegaskan bahwa event yang digagas Retro Classic Cycles Jogja ini membuktikan bahwa industri kreatif otomotif nasional masih butuh dukungan besar.

“Kita lihat industri kreatif otomotif ini tumbuh subur. Tapi masih butuh dukungan besar dari pemerintah untuk membuatnya lebih baik. Termasuk dukungan dalam berbagai hal agar hasil karya atau paten konsep dan riset yang kita punya bisa secepatnya jadi karya. Kemudian juga menjadi ciri khas bangsa kita sendiri dari sudut pandang orang asing,” ujar Boy.

Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi menjelaskan bahwa dukungan pemerintah yang saat ini sudah mengalir, setidaknya membuat mereka semakin percaya diri. Lantaran dari sini jalur yang biasanya tertutup untuk melakukan kreatifitas lebih baik, bisa diretas.

“Kami sebenarnya ingin juga mengundang builder-builder dari luar dan karya-karyanya. Tapi rasanya itu tak memungkinkan karena sistem dan regulasi di negara kita yang cukup panjang lebar. Tapi dengan dukungan dua pihak yang mewakili pemerintah yaitu Bekraf dan Kementerian Pariwisata, saya rasa nantinya akan ada solusi terbaik untuk industri kreatif kita,” ujar Lulut.

Meski belum mampu menghadirkan karya-karya para builder asing tersebut, namun Lulut menghadirkan orang-orang yang bisa memberikan inspirasi terhadap para peserta yang hadir di event tersebut. Misalnya menghadirkan profesional skater, Steve Cabalero yang sejak dulu hingga sekarang masih menjalani hobinya dan hidup dari hobinya tersebut.

Ada juga Diecast Custom Artist, Eero Kumanto yang juga dihadirkan khusus untuk memberikan inspirasi kepada para pehobi diecast di Indonesia. “Dari hobi mereka bisa mendapat penghasilan, artinya ini seni dalam industri otomotif itu bukan sekadar membuat orang yang melakoninya jadi puas. Namun juga dibayar dengan menjalani hobinya itu.”

(UDA)